Media Komunikasi Antarpribadi

Saylin Wen mengategorikan perkembangan awal pada media komunikasi antar pribadi dengan enam media, seperti :

(a) Suara. Pada periode ini manusia lebih banyak mengembangkan model komunikasi dengan suara, seperti tertawa, tangis, dan teriakan. Namun penggunaan model komunikasi dengan cara ini memiliki banyak keterbatasan makna yang kadang tidak efektif dalam praktik komunikasi.

(b)Grafik. Sebelum ditemukan teks, media komunikasi antarpribadi manusia dilakukan dengan menggunakan grafik. Penggunaan grafik ini adalah seperti yang ditemukan pada kehidupan prasejarah.

(c)Teks. Sayling Wen (2002:23), mengatakan beberapa kelemahan komunikasi dengan suara dan grafik, yaitu terutama untuk konsep-konsep abstrak yang akan sulit dikomunikasikan dengan suara dan grafik. Upaya-upaya manusia untuk mengatasi kelemahan suara ini, maka mendorong lahirnya teks dalam model-model komunkasi alternatif pada saat itu.

(d)Musik. Dalam banyak budaya masyarakat, musik dapat digunakan sebagai alat komunikasi antarpribadi, pada masyarakat Aborigin sampai saat ini masih menggunakan musik untuk berkomunikasi.

(e)Animasi. Adalah gambar tunggal yang dapat menyampaikan sekian banyak makna, yang umumnya digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan komunikasi dari seseorang ke orang lain.

(f)Video. Adalah salah satu media komunikasi antarpribadi yang lahir di zaman teknologi modern. Melalui video orang dapat menyampaikan gagasan-gagasan mereka kepada orang lain.

About these ads

5 thoughts on “Media Komunikasi Antarpribadi”

    1. menurut teori antropologi, sebelum manusia menggunakan kata-kata, manusia telah menggunakan gerakan-gerakan tubuh, sebagai alat untuk berkomunikasi dengan orang lain. yang merupakan bentuk dari media komunikasi nonverbal.

      1. MAS AKU MAU TANYA. 4 METODE KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI MENURUT JAUHARI TAU NGGAK YA???

      2. Saat ini belum ada analisa yang representatif mengenai pemihakan media secara memuaskan. Namun dengan lebih banyaknya memunculkan silang pendapat atau berita pendapat, maka media tampaknya masih lebih terpesona pada keahlian bicara ketimbang memiliki kemampuan yang cukup bagi pemaparan dan pengungkapan fakta secara apa adanya. Media masih tergolong asik pada polemik, dan belum pada gairah mengungkap kenyataan untuk menggugah kepedulian bagi upaya memperbaiki keadaan, terutama pada kondisi masyarakat kelas bawah yang memang minim kemampuan mengakses media massa. Itu sebabnya silang pendapat dan polemik umumnya menyangkut kalangan atas atau masyarakat kelas atas, terutama kaum elit politik, praktisi ekonomi terkemuka, para ahli dan kaum akademis yang berdiri dimenaranya. (Jauhari, 2001)
        empat metode komunikasi intrapersonal :
        1. Sensasi
        2. Persepsi
        3. Memori
        4. Berpikir

  1. mas, kelemahan dan kelebihan komunikasi antarpribadi, komunikasi kelompok dan komunikasi massa apa yah ?? moohon bantuannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s