Human Relations

#Definisi Stres

penderitaan jasmani, mental, atau emosional yang diakibatkan interpretasi atas suatu peristiwa sebagai suatu ancaman bagi agenda pribadi seorang individu.

#suatu peristiwa adalah kejadian yang nyata atau dibayangkan dalam kehidupan seseorang.

#menginterpretasi adalah suatu peristiwa berarti bahwa anda memberinya makna dan mampu menjelaskan apa makna peristiwa itu bagi anda

#konsekuensi negatif terdiri dari suatu penderitaan jasmani atau emosional.

#memahami stres dan akibatnya:

1. sumber-sumber potensial

faktor lingkungan :

  • ketidakpastian ekonomi

  • ketidakpastian politik

  • perubahan teknologi

faktor organisasional:

  • tuntutan tugas

  • tuntutan peran

  • tuntutan antarpersonal

faktor personal:

  • persoalan keluarga

  • persoalan ekonomi

  • kepribadian

2. variabel antara

perbedaan individual:

  • persepsi

  • pengalaman kerja

  • dukungan sosial

  • keyakinan pada fokus kontrol

  • keyakinan diri

  • permusuhan

3. konsekuensi

gejala fisiologis:

  • sakit kepala

  • tekanan darah tinggi

  • sakit jantung

gejala psikologis:

  • kecemasan

  • depresi

  • menurunnya tingkat kepuasan kerja

gejala perilaku:

  • produktivitas

  • kemangkiran

  • perputaran karyawan

#mengelola stres

1. pendekatan individual:

strategi individual yang telah terbukti efektif meliputi:

a. penerapan teknik manajemen waktu

b. penambahan waktu olah raga

c. pelatihan relaksasi (hipnotis, meditasi, biofeedback)

d. perluasan jaringan dukungan sosial

2. pendekatan organisasional

  • seleksi personal dan penempatan kerja yang lebih baik

  • pelatihan

  • penetapan tujuan yang realitas

  • pendesainan ulang pekerjaan

  • peningkatan keterlibatan karyawan

  • perbaikan dalam komunikasi organisasi

  • penawaran cuti panjang

  • penyelenggaraan program kesejahteraan perusahaan

#koseling karyawan

perubahan suatu masalah dengan seseorang karyawan yang mempunyai masalah emosional dengan maksud untuk membantu karyawan tersebut.

#tujuan konseling

untuk memperbaiki kesehatan mental karyawan sehingga mereka akan berkembang dengan rasa percaya diri, pemahaman, pengendalian diri, dan kemampuan untuk bekerja secara efektif.

#karakteristik konseling

  1. Konseling adalah pertukaran gagasan dan perasaan antara konselor dan konseli.

  2. Dapat dilakukan oleh para profesional dan non profesional.

  3. Bersifat rahasia.

  4. Konseling mencakup masalah pekerjaan dan pribadi.

#fungsi konseling

  • nasehat

  • menetramkan hati

  • komunikasi, memperbaiki komunikasi ke atas dan ke bawah

  • mengendurkan ketegangan emosional

  • berpikir jernih

  • reorientasi; lebih dari pengenduran emosional, mencakup perubahan psikis dalam penambahan tujuan dan dasar nilai

#tipe- tipe konseling

1. direktif

proses mendengarkan masalah karyawan, memutuskan dengan karyawan apa yang harus dilakukan dan kemudian menganjurkan dan memotivasi karyawan untuk melakukannya.

2. non direktif

konseling yang terpusat pada klien, merupakan proses yang penuh dengan keterampilan mendengar dan mendorong orang yang dibimbing untuk mengutarakan permasalahan yang mengganjal, memahami mereka, dan menemukan solusi yang tepat.

3. partisipasif

hubungan konselor – konseli yang mengembangkan pertukaran gagasan secara kooperatif untuk membantu mencari solusi masalah karyawan. Merupakan kompromi berimbang yang mengkombinasikan beberapa keuntungan dan menghindarkan kelemahan sebagain besar kelemahan dari konseling direktif dan konseling non direktif.

About rimba ahmad

Public Relations with Tourism Planner attitudes

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: