Audit Komunikasi dan Audit PR

Definisi Audit Komunikasi menurut Gibson & Hodgetts (1991)

suatu analisis lengkap atas sistem-sistem komunikasi internal dan eksternal dari suatu organisasi. lingkupnya merentang dari sekedar pertimbangan salah satu divisi sama ke iklim organisasi keseluruhan.

Hardjana (2000)

kajian mendalam dan menyeluruh tentang pelaksanaan keorganisasian yang bertujuan untuk meningkatkan efektivitas organisasi.

 

Definisi Audit PR

Hardjana (2000)

sebuah tinjauan dan studi tentang kebutuhan-kebutuhan komunikasi kehumasan dan praktek kehumasan yang sedang berlangsung.

Frazier A Moore

suatu studi yang tersusun secara longgar, berskala luas yang menyelidiki humas perusahaan, baik secara internal maupun eksternal.

  • tujuan umum audit
  1. untuk meningkatkan efektivitas sistem komunikasi humas dari suatu institusi.
  • tujuan khusus audit
  1. untuk menentukan letak terjadinya kelebihan/kekurangan muatan informasi yang berkaitan dengan, topik, sumber dan saluran komunikasi tertentu.
  2. menilai kualitas informasi yang dikomunikasikan oleh sumber informasi.
  3. mengukur kualitas hubungan komunikasi.
  4. mengenali network aktif operasional untuk desas-desus, pesan sosial dan pesan kedinasan untuk dibandingkan dengan jaringan komunikasi resmi.
  5. mengenali sumber-sumber kemacetan arus informasi

 

 

About rimba ahmad

Public Relations with Tourism Planner attitudes

4 comments

  1. Bela

    Boleh saya tahu pengertian audit komunikasi dan audit PR sumbernya dari buku apa ya? terimakasih infonya

    • salam,
      Menurut Rachmat (2009) Audit PR dikenal juga dengan sebutan audit komunikasi PR. Disebut demikian karena audit ini merupakan sebuah tinjaun dan studi tentang kebutuhan-kebutuhan komunikasi kehumasan dan praktik komunikasi yang sekarang sedang berlangsung. Audit ini adalah studi komprehensif untuk mengetahui posisi dan kondisi PR dalam organisasi, baik secara internal maupun eksternal, mencakup tentang pandangan publik terhadap PR.
      dikutip dari buku Rachmat Kriyanto – Teknik Praktis Riset Komunikasi diterbitkan oleh KENCANA PRENADA MEDIA GROUP
      wasslm
      semoga membantu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: