SPESIALISASI HUMAS / PUBLIC RELATIONS

SPESIALISASI HUMAS / PUBLIC RELATIONS
Ruang lingkup pekerjaan humas mencakup enam bidang pekerjaan, yaitu:
1.publisitas
2.pemasaran
3.public affairs
4.manajemen isu
5.lobi
6.hubungan inverstor

Seluruh bidang pekerjaan humas tersebut telah menghasilkan spesialisasi kehumasan yang bersifat khusus. Disebut spesialisasi kehumasan karena melayani khalayak tertentu saja.
1. Publisitas melahirkan bidang kekhususan humas yang disebut dengan media relations. Media relations mengkhususkan khalayaknya pada wartawan (pers) dan media massa pada umumnya. Organisasi tertentu menjadikan hubungan baiknya dengan media massa sebagai sesuatu yang sangat penting bagi kemajuan usahanya. Suatu perusahaan penyelenggara berbagai pertunjukkan hiburan (event organizer) harus memiliki akses yang baik ke media massa untuk dapat mempromosikan berbagai pertunjukkan yang diselenggarakannya.

2. Public affairs melahirkan tiga bidang kekhususan, yaitu community relations, government relations, dan terakhir adalah industry relations.
a. community relations mengkhususkan khalayak mereka pada masyarakat yang tinggal atau berada di sekitar perusahaan (pabrik). Perusahaan tertentu memberikan penekanan pada aspek ini dalam aktivitas kehumasannya karena perusahaan berada di tengah lingkungan masyarakat di mana pengertian dan dukungan masyarakat sangat dibutuhkan untuk mempertahankan tujuan perusahaan.

b. government relations yang khusus terfokus dalam hubungannya dengan aparat pemerintahan. Lembaga tertentu memiliki unit karena mereka banyak melakukan proyek yang harus terus menerus bekerja sama atau berkoordinasi dengan pemerintah.

c. industrial relations khusus mengenai kelompok buruh atau pekerja. Perusahaan tertentu akan lebih menekankan pada aspek perburuhan ini karena, misalnya, sebagian besar usaha perusahaan sangat ditentukan oleh adanya kerja sama yang baik antara perusahaan dan buruh.

3. Pemasaran melahirkan bidang kekhususan yang disebut dengan marketing relations (disebut juga marketing communication) dan costumers relations yang khusus melayani konsumen dan pelanggan. Perusahaan lebih fokus kepada konsumen atau pelanggan, yaitu khalayak yang langsung berhubungan dengan perusahaan untuk mendapatkan barang atau jasa yang ditawarkan perusahaan. Komunikasi pemasaran (marketing communications) merupakan hal yang sangat ditekankan dalam marketing dan costumers relations ini. Hubungan investor khusus melayani khalayak pemilik atau penanam modal (investor) perusahaan dan masyarakat pasar modal.

4. Manajemen isu melahirkan bidang khusus, yaitu riset komunikasi yang bertujuan untuk mengetahui pandangan dan opini khalayak terhadap organisasi atau perusahaan atau untuk mengetahui tingkat kepuasan khalayak terhadap produk yang dihasilkan perusahaan. Perusahaan terkadang membayar jasa konsultan humas yang khusus mendalami riset kehumasan ini.

About rimba ahmad

Public Relations with Tourism Planner attitudes

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: