KONSEP PENTING TEORI SIKAP

1. SIKAP

konsep utama dari teori ini, sikap (standpoint), adalah lokasi yang dimiliki bersama oleh kelompok yang mengalami status sebagai orang luar, di dalam sebuah struktur sosial, yang memberikan sejenis pemahaman bagi pengalaman orang yang telah dijalani. selain itu dari perspektif Hartstock , ” sikap bukan sekedar posisi yang diminati (diinterpretasikan sebagai bias) tetapi diminati dalam artian dilibatkan ” (1998, hal. 107). konsep keterlibatan (engagement) diperbesar oleh para peneliti yang membedakan antara sikap dan perspektif (Hirschmann, 1997; O’brien Hallstein, 2000).

2. PENGETAHUAN TERSITUASI

Donna Haraway (1988) memberikan kontribusi istilah pengetahuan tersituasi, yang berarti bahwa pengetahuan setiap orang didasarkan pada konteks dan keadaan. konsep Haraway menyiratkan bahwa pengetahuan bersifat ganda dan tersituasi di dalam pengalaman.

3. PEMBAGIAN PEKERJAAN BERDASARKAN JENIS KELAMIN

teori sikap feminis hartsock yang terinspirasi oleh marxisme berpijak pada pemikiran bahwa pria dan wanita terlibat di dalam pekerjaan yang berbeda berdasarkan jenis kelamin mereka, yang berakibat pada pembagian pekerjaan berdasarkan jenis kelamin (sexual division of labor). pembagian ini tidak hanya menempatkan orang untuk mengerjakan tugas-tugas yang berbeda berdasarkan jenis kelamin, tetapi hal ini juga mengeksploitasi wanita dengan menuntut kerja tanpa memberikan upah sekaligus membuat ” wanita bertanggung jawab dalam pemeliharaan yang tidak digaji dan dalam reproduksi dari tenaga kerja di masa kini dan masa depan ( Chafetz, 1997, hal 104).

About rimba ahmad

Public Relations with Tourism Planner attitudes

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: