KOMUNIKASI TERAPEUTIK

Stuart G.W (1998) menyatakan bahwa “komunikasi terapeutik merupakan hubungan interpersonal antara perawat dan klien, dalam hubungan ini perawat dan klien memperoleh pengalaman belajar bersama dalam rangka memperbaiki pengalaman emosional klien.”

Northouse (1998, hal 12) menyatakan bahwa, “komunikasi terapeutik adalah kemampuan atau keterampilan perawat untuk membantu klien beradaptasi terhadap stress, mengatasi gangguan psikologis dan belajar bagaimana berhubungan baik dengan orang lain.

dari beberapa pengertian di atas dapat dipahami bahwa komunikasi terapeutik adalah komunikasi yang dilakukan atau dirancang untuk tujuan terapi. seorang penolong (helper) atau perawat dapat membantu klien mengatasi masalah yang dihadapinya melalui komunikasi ( Suryani 2005:12 )

tujuan dari komunikasi terapeutik adalah
1. realisasi diri, penerimaan dan peningkatan penghormatan diri. melalui komunikasi terapeutik diharapkan terjadi perubahan dalam diri klien, dari yang tadinya tidak bisa menerima diri apa adanya setelah mengalami komunikasi terapeutik yang efektif dengan perawat maka akan mampu menerima dirinya.

2. kemampuan membina hubungan interpersonal yang tidak superfisial dan saling bergantung dengan orang lain, melalui komunikasi terapeutik yang efektif, klien belajar bagaimana menerima dan diterima orang lain.

3. peningkatan fungsi dan kemampuan untuk memuaskan kebutuhan serta mencapai tujuan yang realistis.

4. rasa identitas personal yang jelas dan peningkatan integritas diri (didalamnya termasuk status, peran, dan jenis kelamis pasien). pasien yang mengalami gangguan identitas personal biasanya tidak mempunyai rasa percaya diri dan mengalami harga diri rendah.

The post is brought to you by lekhonee v0.7

About rimba ahmad

Public Relations with Tourism Planner attitudes

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: