Analisis Tourism Distribution Channels Di Indonesia

Abstrak─ Studi pada jurnal ini membahas tentang analisis tourism distribution channels di Indonesia dengan membandingkannya pada tourism distribution channels di negara Amerika. Data yang terdapat pada studi ini berarasal data sekunder yaitu dari tinjauan literatur dan paper yang kredibel. Pengertian distribution channels menurut Charles R. Geoldner dan J. R. Brent Ritchie (2009) The tourism channel of distribution is an operating structure, system, or linkage of various combinations of organizations through which a producer of travel products describes, sells, or confirms travel arrangements to the buyer. Saluran distribusi berhubungan dengan struktur operasi, sistem atau keterkaitan berbagai kombinasi organisasi dimana travel agent digambarkan sebagai perantara yang menghubungkan supplier kepada konsumennya, selain itu fungsi lainnya adalah mengatur dan memberikan paket-paket yang menarik kepada konsumennya. Fungsi dari distribution channels menurut Kotler, Bowen dan Makens (2006) ialah (1) sebagai bahan informasi: mengumpulkan dan mendistribusikan riset pemasaran dan informasi intelijen tentang lingkungan pemasaran, (2) Promosi: mengembangkan dan menyebarkan komunikasi persuasif tentang suatu penawaran, (3) Hubungi: menemukan dan berkomunikasi dengan calon pembeli, (4) Penyesuai: membentuk dan menyesuaikan tawaran untuk kebutuhan pembeli, termasuk kegiatan seperti manufaktur, grading, perakitan, dan kemasan, (5) Negosiasi: menyetujui harga dan persyaratan lain dari tawaran sehingga kepemilikan atau penguasaan dapat ditransfer, (6) Fisik Distribusi: mengangkut dan menyimpan barang, (7) Pembiayaan: mendapatkan dan menggunakan dana untuk menutupi biaya pekerjaan, (8) Pengambilan risiko: mengasumsikan risiko keuangan seperti ketidakmampuan untuk menjual persediaan pada marjin penuh. Dalam suatu distribution channel terdapat lima hal yang menjadi kunci sebuah proses distribution channel, adanya supplier, channel level, direct sistem, retail dan wholesaler. Penjelasan tersebut menjadi benang merah untuk menjelaskan distribution channels pada kegiatan pariwisata di Indonesia.

About rimba ahmad

Public Relations with Tourism Planner attitudes

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: