Gambar Skema Penelitian Pariwisata

skema teknik analisis data penelitian

Teknik analisis data secara umum dibagi atas dua,yaitu: teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif.

  1. Teknik analisis data kualitatif:
  • proses mengatur urutan data, mengorganisasikannya ke dalam suatu pola, kategori, dan satuan uraian dasar. ia membedakannya dengan penafsiran, yaitu memberikan arti yang signifikan terhadap analisis, menjelaskan pola uraian dan mencari hubungan di antara dimensi-dimensi uraian (Patton,1980, Moleong, 2000)
  • proses yang merinci usaha secara formal untuk menemukan tema dan merumuskan hipotesis (anggapan) seperti yang disarankan oleh data dan sebagai usaha untuk memberikan bantuan pada tema dan hipotesis itu (Bogdan dan Taylor, 1975, Moleong, 2000)
  • Proses mengorganisasikan dan mengurutkan data ke dalam pola, kategori, dan satuan uraian dasar sehingga dapat ditemukan tema dan dapat dirumuskan hipotesis kerja seperti disarankan oleh data.
  • Analisis data dilakukan dalam suatu proses. Sejak pengumpulan data dilakukan dan dikerjakan secara intensif, yaitu sesudah meninggalkan lapangan.
  • dianjurkan agar analisis data dan penafsiran dilakukan secepatnya oleh peneliti, jangan menunda-nunda hingga data kadaluarsa
  • pekerjaan menganalisis data memerlukan usaha untuk fokus dan pengerahan tenaga baik fisik maupun pikiran dari si peneliti.
  • memahami studi kepustakaan untuk mengkonfirmasikan teori atau menjastifikasi adanya teori baru yang mungkin ditemukan saat dilapangan.

2. teknik analisis data kuantitatif:

  • proses analisis dimulai dengan menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber (wawancara, pengamatan, dokumen resmi, gambar, foto dan sebagainya), mereduksi data dengan cara membuat abstraksi (rangkuman inti), menyusun dalam satuan-satuan, dikategorisasi, koding, mengadakan pemeriksaan keabsahan data dan menafsirkan data menjadi suatu teori substantif dengan menggunakan beberapa metode tertentu.
  • proses analisis data secara keseluruhan dapat dibagi ke dalam beberapa tahap, yaitu editing, coding, frekuensi, tabulasi, dan analisis data

(sumber : Utama:144, 2010)

About rimba ahmad

Public Relations with Tourism Planner attitudes

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: