5 Aplikasi Wajib Penunjang Produktivitas

Seiring kemajuan teknologi komunikasi, gadget seperti smartphone, tablet pc, dan laptop menjadi barang primer yang sudah menjadi teman sehari-hari. Fitur yang dimiliki setiap gadget pun berbeda-beda sesuai dengan perangkat keras yang tertanam didalamnya. Tiga Operating System yang banyak dimiliki oleh khalayak akhir-akhir ini adalah iOs, Android, dan Windows Phone, sedangkan untuk laptop dan desktop Operating System yang menjadi pendukung kinerja gadget tersebut adalah iOs, Linux, dan Windows. Ketiganya memiliki rumah aplikasi tersendiri sebagai dukungan untuk memberikan applikasi-applikasi terbaik bagi penggunanya.

Berikut ini adalah beberapa aplikasi yang sering penulis gunakan untuk mempermudah produktivitas sehari-hari baik itu di iOs, Android, dan Windows Phone untuk smartphone dan iOs, Linux, dan Windows untuk di desktop pc dan laptop.

Pertama: Evernote

evernote

sumber: http://headhearthand.org/uploads/2014/08/Evernote.png (diakses 11/01/2016)

Aplikasi ini merupakan note seperti pada umumnya namun dapat terhubung secara online, sehingga memudahkan produktivitas kita. Baik itu di laptop, desktop pc, tablet dan smartphone. Fitur yang dimilikinya begitu memanjakan penggunanya, seperti fitur yang penulis sering pergunakan adalah crop artikel atau berita sehingga dapat dipergunakan sebagai sumber referensi dan bacaan secara offline di smartphone. Jika kita membeli sebagai evernote premium maka, fitur-fitur yang tersedia akan lebih banyak lagi, salah satunya adalah tempat penyimpanan data yang lebih besar, sehingga mampu men-save bahan-bahan presentasi dengan format besar seperti pptx.

Kedua: GanttProject

31803

sumber: https://software.grok.lsu.edu/image/31803.png (diakses 11/01/2016)

Jika Anda merupakan seorang yang seringkali berhubungan dengan proyek yang didalamnya terdapat banyak anggota, aplikasi ini memudahkan kita untuk membuat sebuah rencana proyek beserta orang-orang yang terlibat didalamnya. Pekerjaan atau tugas pokok dan fungsi masing-masing personil dapat diatur sedemikan rupa sehingga jelas pekerjaan dan berapa honor yang harus diterima. Fitur mengenai kontak informasi sudah tersedia didalamnya serta tambahan fitur berapa honor yang harus dibayar untuk pekerjaannya.

Ketiga: Wunderlist

b219a398cec213bc408e995c23be55b6

sumber: https://zapier.cachefly.net/storage/photos/b219a398cec213bc408e995c23be55b6.png (diakses 11/01/2016)

Aplikasi untuk pengingat pekerjaan ini cocok untuk Anda yang memiliki segudang pekerjaan. Aplikasi ini setidaknya, menurut penulis akan mengurangi pekerjaan dari sekertaris pribadi Anda (mengatur schedule, to do list dan sebagainya), karena fitur tersebut telah tersedia dalam aplikasi ini. Wunderlist tersedia di tiga platform dan OS smartphone seperti iOs, Android, dan Windows Phone, serta didukung pula fitur online web sehingga memudahkan sync dengan gadget Anda.

Keempat: Xmind

xmind

sumber: xmind.net (diakses 11/01/2016)

sebagai seseorang yang kreatif tentunya kita membutuhkan kerangka berpikir yang kreatif, aplikasi ini memberikan kita kemudahan untuk menyusun ide-ide kreatif dan brilian kita untuk memudahkan kita mengenali kata kunci dari setiap kerangka pikir. Design yang user friendly serta kemampuan untuk mengkonversikan menjadi format: pdf, jpg, dan png. membuat aplikasi ini layak untuk dipelajari dan dimiliki. Jika ide-ide Anda dirasa perlu untuk di share bersama tim, hal tersebut memungkinkan karena aplikasi ini memiliki tampilan layaknya sebuah aplikasi powerpoint.

Kelima: Dropbox

dropbox

sumber: http://www.whooshtranscription.com/wp-content/uploads/2013/03/dropbox.jpg (diakses 11/01/2016)

media penyimpanan file seperti: flashdisk dan hard disk ekternal merupakan barang penting yang harus dibawa setiap hari. Kini semakin berkembangnya cloud atau media penyimpanan data secara online, kita tidak perlu lagi harus takut apabila file yang kita simpan di flashdisk atau hard disk hilang atau lupa terbawa. Fitur penyimpanan yang sudah lumayanan besar mampu memberikan kenyamanan bagi para pekerja atau user biasa yang tidak mau repot membawa banyak gadget ke tempat kerja atau saat bepergian ke luar. Jika Anda adalah pebisnis atau pekerja yang membutuhkan data penyimpanan lebih, akun dropbox dapat ditingkat menjadi primium user sehingga data penyimpanan Anda cukup untuk menampung file-file pribadi maupun pekerjaan Anda.

Sekedar sharing saja, menskipun penulis bukan berlatarbelakang IT. Namun, penulis merasa perlu mengupdate kemampuan atau skill khusus untuk mampu mengoperasilakan aplikasi-aplikasi di atas, karena aplikasi dibuat untuk memudah pekerjaan kita sehari-hari, selamat mencoba dan mulailah aktivitas positif Anda.

About rimba ahmad

Public Relations with Tourism Planner attitudes

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: