PERISTIWA ALAM MENJADI MAGNET WISATA

53a0e2e0-0bed-48a2-a815-956b7412de18.jpg

Fenomena alam gerhana matahari total yang diprediksi akan terjadi pada tanggal 9 Maret 2016 berada di Indonesia tepatnya di Kota Maba – Halmahera Timur. Gerhana matahari terakhir yang melewati Indonesia adalah 21 tahun lalu, tepatnya pada tanggal 24 Oktober 1995 yang hanya mampu dilihat dari Pulau Sangihe.

Seperti yang dilansir pada laman situs detik.com periwistiwa gerhana matahari total tersebut dapat dilihat dengan mata telanjang selama kurang lebih 3 menit 19 detik. Hal tersebut disebabkan karena lokasi Kota Maba sebagai kota paling timur dari semua daerah yang terlewati oleh gerhana matahari total di Indonesia.

Peristiwa langka ini menarik pada ilmuan di seluruh dunia khususnya yang berlatarbelakang keilmuan astronomi untuk ikut mengamati kejadian tersebut. Menurut Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin, Peneliti dari luar negeri yang akan ikut serta dalam pengamatan fenomena gerhana matahari yaitu dari NASA, Korea dan Perancis.

Bagi masyarakat umum yang akan berkunjung ke Kota Maba dapat mengikuti jalur seperti ini:

Dari udara, traveler bisa menggunakan pesawat maskapai Wings Air dari Ternate ke Buli selama 20 menit. Dilanjutkan dengan perjalanan darat sekitar satu jam dari Buli ke Maba. Opsi lain, traveler bisa menuju Maba dari Ternate dengan menggunakan kapal cepat selama 45 menit ke Sofifi dan dilanjutkan dengan jalur darat selama 6 jam. Selain di Maba, traveler juga bisa melihat fenomena gerhana matahari total dari Desa Buli, Pulau Plun hingga Pulau Tengah yang dapat dicapai dengan kapal cepat. Kelebihannya, traveler bisa menikmati keindahan bawah laut hingga melihat Burung Maleo yang ada. Untuk akomodasi, terdapat setidaknya tiga penginapan dengan fasilitas standar di Buli yang berada tidak jauh dari Maba. Di Pulau Plun juga terdapat lima bungalow yang dikelola oleh Dinas Pariwisata Maba.

Bagaimana Cara Aman Melihat Gerhana Matahari?

Pengamatan terhadap fenomena langka ini tidak mudah, untuk menjaga keselamatan mata dibutuhkan perlatan sederhana yang mampu memberikan keamanan terhadap pancaindera khususnya mata. Seperti yang dikutip dari laman infoastronomy.co.vu bahwa cara aman untuk melihat gerhana matahari total adalah dengan kacamata Matahari yang dilapisi filter khusus Matahari. Jika Anda menggunakan teleskop, Anda dapat memasang filter Matahari saat melakukan pengamatan. Namun, apabila kedua alat tersebut tidak Anda miliki maka kertas lubang jarum menjadi alternatif lain untuk melihat/mengamati gerhana matahari total.

Sedangkan aspek kerohanian yang penting ketika terjadi fenomena alam seperti ini adalah dengan melakukan Sholat Sunnah Gerhana. Ini merupakan salah satu ibadah sunnah muakad yang penting dan ada baiknya dilakukan oleh kita yang mempunyai waktu luang saat terjadi gerhana matahari.

dilihat dari kasus di atas, selain daya tarik alam seperti pantai, pegunungan dan site plan maupun daya tarik buatan seperti kolam, waduk, taman, dan wahana permainan ternyata sumber daya tarik lain yang membuat animo seseorang datang adalah kejadian/fenomena alam yang terjadi. Hal ini memberikan sinyal positif bagi pemasukan/devisa ekonomi karena beberapa pengunjung adalah ilmuan astonomi yang mempunyai minat khusus terhadap fenomena tersebut.

Kontribusi para stakeholder dalam meningkatkan kunjungan wisman khususnya perlu ditingkatkan, karena daya tarik wisata Indonesia tidak hanya sekedar alam dan buatan tetapi beberapa daya tarik khusus seperti fenomena langka gerhana matahari total mampu memberikan daya tarik tersendiri, karena memiliki keunikan dan kekhasan.

Sumber: http://news.detik.com/berita/3122486/peneliti-astronomi-dunia-berkumpul-di-maba-pantau-gerhana-matahari-total dan http://www.infoastronomy.co.vu/2015/03/indonesia-jadi-tuan-rumah-gerhana.html diakses 20/01/2016

About rimba ahmad

Public Relations with Tourism Planner attitudes

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: